Home »
» INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER TUGAS II
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER TUGAS II
TUGAS
II INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER :
1.
cari berbagai ragam jenis hardware interface
- fungsi
- cara kerja
- fungsi
- cara kerja
2.
hirarki
- mouse
- keyboard
- monitor
- post pada weblog anda kemudian kirim link via FB./Email
- mouse
- keyboard
- monitor
- post pada weblog anda kemudian kirim link via FB./Email
Pengertian
Interface
Antarmuka (Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka (Interface) dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi.
Interface, berfungsi untuk menginput pengetahuan baru ke dalam basis pengetahuan sistem pakar (ES), menampilkan penjelasan sistem dan memberikan panduan pemakaian sistem secara menyeluruh / step by step sehingga pengguna mengerti apa yang akan dilakukan terhadap suatu sistem. Yang terpenting adalah kemudahan dalam memakai / menjalankan sistem, interaktif, komunikatif, sedangkan kesulitan dalam mengembangkan / membangun suatu program jangan terlalu diperlihatkan.
Casing berfungsi sebagai alat untuk meletakkan/memasang perangkat CPU misalnya mainboard,pawer supplay,hardisk,cd-rom dll yang sangat beragam bentuk dan ukurannya yang biasanya disesuaikan dengan kebutuhan
Antarmuka (Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka (Interface) dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi.
Interface, berfungsi untuk menginput pengetahuan baru ke dalam basis pengetahuan sistem pakar (ES), menampilkan penjelasan sistem dan memberikan panduan pemakaian sistem secara menyeluruh / step by step sehingga pengguna mengerti apa yang akan dilakukan terhadap suatu sistem. Yang terpenting adalah kemudahan dalam memakai / menjalankan sistem, interaktif, komunikatif, sedangkan kesulitan dalam mengembangkan / membangun suatu program jangan terlalu diperlihatkan.
Casing berfungsi sebagai alat untuk meletakkan/memasang perangkat CPU misalnya mainboard,pawer supplay,hardisk,cd-rom dll yang sangat beragam bentuk dan ukurannya yang biasanya disesuaikan dengan kebutuhan
CPU (Central Processor Unit)
CPU adalah
: sebuah rangkaian yang meliputi mainboard, processor,
hardisk, cdroom, memori(RAM), pawer supplay. Komponen-komponen tersebut di
rakit jadi satu di dalam casing.
CPU berfungsi sebagai alat yang mengendalikan proses dalam system komputer.
CPU berfungsi sebagai alat yang mengendalikan proses dalam system komputer.
Fungsi Utama CPU : Menjalankan
program-program yang disimpan di memori utama
Cara Kerja CPU : Mengambil
instruksi-instruksi dari memori utama dan mengeksekusinya satu persatu sesuai
dengan alur perintah.
Berikut ini adalah Beberapa komponen yang ada didalam CPU:
I. MOTHERBOARD / MAINBOARD
Motherboard (sering disebut juga dengan Mainboard)
adalah:
Sebuah kepingan papan electronic (PCB / Printed
Circuit Board) yg berfungsi untuk menyediakan tempat (socket,
slot & connector) bagi komponen-komponen tersebut, lalu mengatur
dan mengkoordinir mereka agar dapat bekerjasama dengan baik. Komponen itu (atau
bisa disebut sebagaiperiferal / device) seperti processor,
memory, video card (VGA), device connector (printer, sacnner, monitor), dan
sebagainya. Wadah tempat mereka diletakkan pada processor mempunya istilah
tersendiri seperti socket, SLOT atau connector.
Contoh : socket processor, SLOT PCI Card, slot
memory (atau biasa disebut salah satu : SIMM, DIMM, RIMM), atau
connector USB.
Contoh gambar Motherboard:
Fungsi Motherboard :
–
Sebagai alat untuk tempat memasang Processor, Memori(RAM), Kartu Grafis dll.
–
Menghubungkan antara komponen-komponen dalam CPU dengan menggunakan kabel atau
langsung di tancap ke mainboard.
–
Pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang di MB.
–
Mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC.
–
Mengatur lalulintas semua data, mulai dari peranti peyimpanan (harddisk,
CD-ROM), peranti masukan data (keyboard, mouse, scanner), atau printer untuk
mencetak.
Cara Kerja Motherboard:
Motherboard mendapat supply tenaga dari sebuah power supply,
dimana voltase akan dialirkan melalui sebuah power connector. Seluruh periferal
yg terinstal dengan MB akan mendapat pasokan power ini. Setelah MB
mendapatkan supply power, jalur sirkuit elektrik yang terdapat pada
motherboard yang menghubungkan setiap komponen tersebut akan bekerja. Sirkuit
berfungsi menyediakan tempat untuk mentransfer sinyal & voltase
(power). PCB sendiri terdiri dari beberapa lapisan (biasanya disebut layer),
dan setiap layer berisi jalur sirkuit tersendiri, hingga setiap jalur yg rumit
tidak perlu berhubungan jalur lain yg tidak terkait. Semakin banyak layer pada
motherboard (biasanya 4 – 8 layer) maka akan semakin berkualitas, karena mengurangi
adanya ganggungan interferensi.
II. PROCESSOR
Processor (pengolah data), atau sering juga
orang menyebutnya CPU. CPU, singkatan dari Central
Processing Unit), merujuk kepada perangkat
keras komputer yang memahami dan melaksanakanperintah dan data dari perangkat lunak..
Adapun mikroprosesor adalah CPU yang diproduksi dalamsirkuit
terpadu, seringkali dalam sebuah paket sirkuit
terpadu-tunggal. Sejak pertengahan tahun1970-an,
mikroprosesor sirkuit terpadu-tunggal ini telah umum digunakan dan
menjadi aspek penting dalam penerapan CPU.
Fungsi Processor :
–
Melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap
data yang diambil dari memori atau
dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat
keras.
– CPU
dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat
lunak komputer. CPU ini Menjalankan Perangkat
lunak dengan membacanya dari media penyimpan.
Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada memori fisik (RAM),
yang mana setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat
memori.
–
Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data pada RAM dengan menentukan alamat
data yang dikehendaki.
Cara Kerja Processor : Secara
sederhana cara kerja prossesor intinya adalah menerima umpan atau perintah
masuk baik dari mouse, keybord ataupun alat penginput data terhubung yang lain
kemudian menerjemahkan atau memproses data perintah tersebut untuk kemudian
mengeluarkan/meneruskan outputnya ke hardware atau software terkait.
III. HARDISK
Hardisk : Alat penyimpanan untuk semua data di computer dalam jangka lama.
Cara kerja Hardisk:
1. Dilakukan pengaksesan terhadap harddisk untuk melihat dan
menentukan di lokasi sebelah mana informasi yang dibutuhkan ada di dalam ruang
harddisk.
2. Pada proses ini, aplikasi yang kita jalankan, Sistem
operasi, sistem BIOS, dan juga driver-driver khusus (tergantung pada aplikasi
yang kita jalankan) bekerja bersama-sama, untuk menentukan bagian mana dari
harddisk yang harus dibaca.
3. Harddisk akan bekerja dan memberikan informasi di mana
data/informasi yang dibutuhkan tersedia, sampai kemudian menyatakan, “Informasi
yang ada di track sekian sektor sekianlah yang kita butuhkan.” Nah pola penyajian
informasi yang diberikan oleh harddisk sendiri biasanya mengikuti pola
geometris.
4. Yang dimaksud dengan pola geometris di sini adalah sebuah
pola penyajian informasi yang menggunakan istilah silinder, track, dan sector.
Ketika informasi ditemukan, akan ada permintaan supaya mengirimkan informasi
tersebut melalui interface harddisk untuk memberikan alamat yang tepat (sektor
berapa, track berapa, silinder mana) dan setelah itu informasi/data pada sector
tersebut siap dibaca.
5. Pengendali program yang ada pada harddisk akan mengecek
untuk memastikan apakah informasi yang diminta sudah tersedia pada internal
buffer yang dimiliki oleh harddisk (biasanya disebut cache atau buffer).
6. Bila sudah oke, pengendali ini akan menyuplai informasi
tersebut secara langsung, tanpa harus melihat lagi ke permukaan pelat itu
karena seluruh informasi yang dibutuhkan sudah dihidangkan di dalam buffer.
7. Dalam banyak kejadian, harddisk pada umumnya tetap
berputar ketika proses di atas berlangsung. Namun ada kalanya juga tidak,
lantaran manajemen power pada harddisk memerintahkan kepada disk untuk tidak
berputar dalam rangka penghematan energi. Papan pengendali yang ada di dalam
harddisk menerjemahkan instruksi tentang alamat data yang diminta dan selama
proses itu berlangsung, ia akan senantiasa siaga untuk memastikan pada silinder
dan track mana informasi yang dibutuhkan itu tersimpan.
8. Nah, papan pengendali ini pulalah yang kemudian meminta
actuator untuk menggerakkan head menuju ke lokasi yang dimaksud. Ketika head sudah
berada pada lokasi yang tepat, pengendali akan mengaktifkan head tersebut untuk
melakukan proses pembacaan. Mulailah head membaca track demi track untuk
mencari sektor yang diminta. Proses inilah yang memakan waktu, sampai kemudian
head menemukan sektor yang tepat dan kemudian siap membacakan data/informasi
yang terkandung di dalamnya.
9. Papan pengendali akan mengkoordinasikan aliran informasi
dari harddisk menuju ke ruang simpan sementara (buffer, cache). Informasi ini
kemudian dikirimkan melalui interface harddisk menuju sistem memori utama untuk
kemudian dieksekusi sesuai dengan aplikasi atau perintah yang kita jalankan.
IV. CD/DVD-ROM
ROM adalah singkatan dari Read Only Memory yang artinya penyimpan data yang hanya bisa dibaca. Jadi CD-ROM hanya bisa digunakan untuk membaca data, tidak dapat digunakan untuk menyimpan data. Namun saat ini, ada alat serupa yang dapat digunakan untuk menulis / menyimpan data ke sebuah CD. Namanya CD-RW (CD Read and Write atau CD baca dan tulis).
Fungsi dari CDROM dan DVDROM Drive:
Untuk membaca data dari sebuah Compact Disc (CD).
Terdiri dari 2 jenis :
Terdiri dari 2 jenis :
CD/DVD R (Hanya mampu membaca data)
CD/DVD RW (Mampu membaca & menulis data)
Cara kerja CD-ROM maupun CD-RW : Cara kerjanya sama dengan cara kerja harddisk atau floppy disk drive. Bedanya, bagian yang diputar adalah kepingan CD. Alat pembacanya juga bukan head magnet tetapi sinar laser yang berkekuatan kecil.
V. MEMORI/RAM
RAM
: Memory biasanya disebut sebagai RAM, singkatan dari
Random Access Memory.
Fungsi RAM:
–
Berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara bagi program yang sedang
diproses, data pada memori ini akan hilang jika komputer mati. Memory bekerja
dengan menyimpan & menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor
dengan cepat untuk diolah menjadi informasi.
–
Fungsi kapasitas merupakan hal terpenting pada memory. Dimana semakin besar
kapasitasnya, maka semakin banyak data yang dapat disimpan dan disuplai, yang
akhirnya membuat Processor bekerja lebih cepat. Suplai data ke RAM berasal dari
Hard Disk, suatu peralatan yang dapat menyimpan data secara permanen.
Ilustrasi Cara Kerja Memory.
Cara kerja Processor dalam sistem Komputer
Cara Kerja:
Sama
dengan penjelasan cara kerja processor diatas pada saat kita menyalakan komputer,
device yang pertama kali bekerja adalah Processor. Processor berfungsi sebagai
pengolah data dan meminta data dari storage, yaitu Hard Disk (HDD). Artinya
data tersebut dikirim dari Hard Disk setelah ada permintaan dari Processor.
VI. MONITOR
Monitor: Perangkat
output komputer yang berupa layar untuk menampilkan data dan gambar / data atau
gambar yang dikerjakan secara visual.
Fungsi Monitor: Untuk mempermudah user dalam
pengoprasian komputer dalam bentuk visual
Cara Kerja Monitor: Saat data
diambil oleh Control unit, Control unit menampungnya di Output storage setelah
itu data akan di tampilkan di Monitor.
VII. POWER SUPPLAY
VII. POWER SUPPLAY
Power
Supplay : alat sebagai pengatur arus
listrik yang masuk kedalam CPU.
Fungsi : Menghidari kerusakan pada
perangkan-perangkat computer yang dikarenakan karena ketidak teraturan arus
listrik yang masuk
Cara Kerja : Power Supplay menyerap daya listrik,
lalu mengatur arusnya dengan perangkat-perangkat yang ada didalamnya
VIII. KEYBOARD
Apa itu Keyboard dan Apa fungsinya?
Apa itu Keyboard dan Apa fungsinya?
Keyboard adalah suatu perangkat keras untuk memasukan data
berupa karakter, dengan cara mengetik tombol-tombol atau toutch, jumlah dan
susunan tombol pada keyboard ada beberapa tipe, keyboard standar mimiliki 101
tombol, namun ada pula tipe keyboard yang dilengkapi dengan tombol windows,
tombol menu, tombol Fn, bahkan beberapa tombol multi media.
Cara kerja Keyboard: Setelah
kita memberikan umpan dengan menekan tombol pada keyboard maka prossesor akan
menerima umpan atau perintah tersebut, kemudian menerjemahkan atau memproses
data perintah tersebut untuk kemudian mengeluarkan/meneruskan outputnya ke
hardware atau software terkait.
IX. MOUSE
Apa itu Mouse? Dan apa fungsinya?
Mouse adalah suatu perangkat keras yang dibutuhkan komputer
untuk memilih atau menentukan sesuatu objeck pada layar, dan selanjutnya
menentukan proses eksekusinya dengan cara meng”klik” tombol pada mouse.
Cara kerja Mouse: Cara kerja
mouse hampir sama dengan cara kerja keyboard yang memberikan umpan pada
processor lalu menerjemahkan atau memproses perintah tersebut untuk
mengeluarkan/meneruskan outputnya ke hardware atau software terkait.
X. PRINTER
Printer atau pencetak : Alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas
Printer atau pencetak : Alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas
Fungsi: untuk mencetak tulisan, gambar
dan tampilan lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenis. Istilah yang
dikenal pada resolusi printer disebut dpi (dot per inch).
Cara Kerja : Printer biasanya terbagi atas
beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil kertas
dari tray. Tray ialah tempat menaruh kertas. Tinta
atau toner adalah alat pencetak sesungguhnya, karena ada
sesuatu yang disebut tinta atau toner yang digunakan untuk menulis/ mencetak
pada kertas. Perbedaan toner dan tinta ialah perbedaan sistem; toner atau laser
butuh pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet tak butuh pemanasan, hanya
pembersihan atau cleaning pada print-headprinter
tersebut.
Perkembangan monitor
MONITOR
Monitor merupakan interface
terpenting yang menghubungkan manusia dan PC. Pada saat komputer pertama
beroperasi pada tahun 1938, monitor yang sudah berusia 83 tahun dan
pengembangannya masih berlangsung sampai saat ini.
Perkembangan
monitor computer yang digunakan saat ini sebenarnya terbagi dua fase. Fase
pertama pada tahun 1855 ditandai dengan penemuan tabung sinar katoda oleh
ilmuwan dari Jerman, Heinrich Geibler. Ia merupakan bapak dari monitor tabung.
Lalu, 33 tahun kemudian, ahli kimia asal Austria, Friedrich Reinitzer,
meletakkan dasar pengembangan teknologi LCD dengan menemukan kristal cairan.
Teknologi tabung sejak awalnya memang dikembangkan untuk merealisasikan
monitor. Namun, Kristal cairan masih menjadi fenomena kimiawi selama 80 tahun
berikutnya. Saat itu, tampilan atau frame rate pun belum terpikirkan. Waktu
itulah yang merupakan fase kedua dari tahap pengembangan monitor komputer.
Selama ini, banyak
yang menganggap bahwa Karl Ferdinand Braun sebagai penemu tabung sinar katoda.
Sebenarnya, ia merupakan pembuat aplikasi pertama untuk tabung, yaitu osiloskop
pada tahun 1897. Perangkat inilah yang menjadi basis pengembangan perangkat
lain, seperti televisi. Pada tahun yang sama, Joseph John Thomson menemukan
elektron, yang mempercepat pengembangan teknik tabung.
Dengan
perkembangannya yang sangat pesat, saat ini terdapat tiga jenis teknologi
monitor. Ketiga golongan teknologi tersebut adalah CRT (Cathode Ray Tube),
Liquid Crystal Display (LCD) dan Plasma gas.
a. Cathode Ray Tube
Teknologi Tabung Brown (CRT Display)
ditemukan pada tahun 1897, akan tetapi teknologi ini baru diadopsi sebagai
penerima siaran televisi pada tahun 1926. Sejarah penemuan teknologi CRT sudah
lebih dari 100 tahun dan memiliki kualitas gambar yang sangat bagus. Akan
tetapi teknologi ini mempunyai satu kelemahan yaitu semakin besar display yang
akan dibuat maka semakin besar pula tabung yang digunakan.
Pada monitor CRT, layar penampil yang digunakan berupa
tabung sinar katoda. Teknologi ini memunculkan tampilan pada monitor dengan
cara memancarkan sinar elektron ke suatu titik di layar. Sinar tersebut akan
diperkuat untuk menampilkan sisi terang dan diperlemah untuk sisi gelap.
Teknologi CRT merupakan teknologi termurah dibanding dengan kedua teknologi
yang lain. Meski demikian resolusi yang dihasilkan sudah cukup baik untuk
berbagai keperluan. Hanya saja energi listrik yang dibutuhkan cukup besar dan
memiliki radiasi elektromagnetik yang cukup kuat.
b. Liquid Crystal Display (LCD) atau Flat Display Panel
(FDP)
Monitor LCD tidak
lagi menggunakan tabung elektron tetapi menggunakan sejenis kristal liquid yang
dapat berpendar. Teknologi ini menghasilkan monitor yang dikenal dengan
nama Flat Panel Display dengan layar berbentuk pipih, dan kemampuan resolusi
yang lebih tinggi dibandingkan dengan CRT. Karena bentuknya yang pipih, maka
monitor jenis flat tersebut menggunakan energi yang kecil dan banyak digunakan
pada komputer-komputer portabel.
Kelebihan yang lain dari monitor LCD adalah
adanya brightness ratio yang telah menyentuh angka 350 : 1. Brigtness ratio
merupakan perbandingan antara tampilan yang paling gelap dengan tampilan yang
paling terang. Liquid Crystal Display menggunakan kristal liquid yang dapat
berpendar. Kristal cair merupakan molekul organik kental yang mengalir
seperti cairan, tetapi memiliki struktur spasial seperti kristal.
(ditemukan pakar BotaniAustria– Rjeinitzer) tahun 1888. Dengan menyorotkan
sinar melalui kristal cair, intensitas sinar yang keluar dapat dikendalikan
secara elektrik sehingga dapat membentuk panel-panel datar.
Lapisan-lapisan dalam sebuah LCD:
– Polaroid belakang
– Elektroda belakang
– Plat kaca belakang
– Kristal Cair
– Plat kaca depan
– Elektroda depan
– Polaroid depan
Elektroda dalam lapisan tersebut berfungsi untuk
menciptakan medan listrik pada kristal cair, sedangkan polaroid digunakan untuk
menciptakan suatu polarisasi.
Dari sisi harga, monitor LCD memang jauh lebih
mahal jika dibandingkan dengan monitor CRT. Dan beberapa kelemahan yang masih
dimilikinya seperti kurang mampu digunakan untuk bekerja dalam berbagai
resolusi, seperti misalnya monitor dengan resolusi 1024 X 768 akan terkesan
agak buram jika dipekerjakan pada resolusi 640 X 420. Tetapi akhir-akhir
ini kelemahan tersbut sudah mulai di atasi dengan teknik anti
aliasing.
c. Plasma Gas atau Organic Light Emitting
Diode (OLED)
Monitor jenis ini menggabungkan teknologi CRT dengan
LCD. Dengan teknologi yang dihasilkan, mampu membuat layar dengan ketipisan
menyerupai LCD dan sudut pandang yang dapat selebar CRT. Plasma gas juga
menggunakan fosfor seperti halnya pada teknologi CRT, tetapi layar pada plasma
gas dapat perpendar tanpa adanya bantuan cahaya di belakang layar. Hal itu akan
membuat energi yang diserap tidak sebesar monitor CRT.Kontras warna yang
dihasilkan pun lebih baik dari LCD.
Teknologi plasma gas ini sering bisa kita jumpai pada saat
pertunjukan-pertunjukan musik atau pertandingan- pertandingan olahraga yang
spektakuler. Disana terdapat layar monitor raksasa yang dipasang pada
sudut-sudut arena tertentu. Itulah monitor yang menggunakan teknologi plasma
gas.
Setelah kita melihat begitu pesatnya perkembangan LCD,
sekarang kita dapat saksikan perkembangan FDP terbaru yang boleh kita katakan
sebagai Flat Panel Display Masa Depan.
Kenapa FDP terbaru ini kita namakan FDP Masa Depan ? Karena
5-10 tahun yang akan datang mungkin Teknologi LCD akan digantikan posisinya
oleh FDP Masa Depan ini. FDP Masa Depan ini berbasis active matrix berteknologi
Organic Light Emitting Diode (OLED).
PC generasi baru tampil berbeda. Perkembangan teknologi
memungkinkan penggabungan antara CPU dengan monitor dalam satu perangkat.
Monitornya pun telah- menggunakan layar LCD yang mempunyai bentuk yang
lebih ramping dibandingkan dengan monitor tabung yang ada sebelumnya.
Alhasil, PC baru tak lagi membutuhkan ruangan yang luas untuk menempatkan
monitor dan CPU.
Namun yang paling menarik adalah teknologi sentuh yang kini
dibenamkan di dalamnya. Teknologi layar sentuh ini memungkinkan pengguna PC
untuk dapat mengoperasikan komputernya dengan usapan jari tangan. PC generasi
baru ini sudah dikenalkan oleh beberapa pemain komputer terkemuka seperti
Hewlett Packard (HP), Acer dan juga Dell.
HP menghadirkan PC layar sentuh
melalui jajaran produk TouchSmart PC.Adadua model yang sudah diluncurkan, yaitu
TouchSmart 300 yang mempunyai layar 20 inci dan TouchSmart 600 dengan layar 23
inci. PC ini mampu menarik perhatian para komsumenIndonesia. Bahkan,
berdasarkan pengamatan Republika banyak pengguna komputer yang mengantri untuk
mencoba TouchSmart PC yang ditawarkan HP. Kebanyakan dari mereka memang
belum terlalu familiar akan layar sentuh komputer. Itu paling tidak terjadi
pada saat pameran komputer digelar di Jakarta, belum lama ini. Contoh gambar :
Contoh yang kedua :
Tak hanya memoles tampilan dan mengunggulkan layar
sentuhnya, Touchsmart PC ini dilengkapi dengan teknologi terkini seperti
prosesor Intel Core 2 Duo, sistem operasi Windows Vista Home Premium,
Supermulti DVD Burner, kartu grafis nVidia Geforce serta kemampuan audio dengan
Integrated Intel High Definition Audio 5.1 Surround Sound. 5-in- l Digital
Media Reader memungkinkan penggunanya untuk menghubungkan atau membuka berbagai
jenis media penyimpanan. Tak hanya itu saja, komputer ini juga memiliki fungsi
lain untuk menangkap siaran televisi karena memiliki fitur TV
turner
Komputer Masa Depan:
KonsepTanpa Monitor
Ujung jari sebagai pengganti mouse,
klik dengan menyentuhkan jempol atau telunjuk ke object. Monitor menggunakan
proyektor yang disorotkan kemana saja. Ke dinding, ke kertas, atau cukup ke
telapak tangan. Di ransel atau kantong celana ada cpu pocket yang
terhubung dengan jaringan internet. Tidak seperti Microsoft surface yang tidak
portable, konsep ini justru mengutamakan mobilitas pengguna. Yang kurang dari
contoh video tersebut adalah masih bersliwerannya kabel-kabel. Pembuatnya adalah mahasiswa MIT.Konsepnya adalah membuat dunia nyata dan
digital terintegrasi. Mirip cerita film Minority Report. Jadi membuat hidup
anda sehari-hari menjadi komputer anda dan sebaliknya.
Misalnya anda menemukan tulisan menarik di majalah yang anda
baca. Dengan alat ini cukup menunjuknya
dan emungutnya (benar-benar memungut)
kemudian anda letakkan dan buka di wordprocessor
anda atau di blog anda yg tengah anda sorotkan di selembar kertas. Kemudian
anda menemukan object foto menarik. Yang anda lakukan adalah memotretnya
dengan menggunakan … jari tangan anda.
Ingin menelepon ? Gunakan telapak
tangan anda sebagai dial pad.
Ingin menonton berita ? Ambil koran terbaru, membaca plus
menyaksikan video tentang headline berita terbaru.
Keyboard
Keyboard
adalah alat input yang berfungsi untuk mengetikan atau memasukan huruf, angka,
symbol tertentu, dan memasukan perintah atau intruksi kedalam komputer.
Pencipta
keyboard (papan ketik) adalah Christopher Latham pada tahun
1868, dan dipasarkan oleh Perusahaan Remington pada tahun
1877
Jenis
Jenis Keyboard
1. Keyboard QWERTY
Tata letak
keyboard QWERTY ini ditemukan oleh Scholes, Glidden dan Soule pada tahun 1878, huruf
yang sering di tekan diletakan berjauhan agar lebih gampang menekannya tampa
terganggu dengan jari yang lain
¢ 2. Keyboard DVORAK
Keyboard
DVORAK (1936) penciptanya adalah Dr. August Dvorak,
dimana susunan hurufnya disusun sedemikian rupa sehingga bisa mengurangi
kelelahan karena pengetikan (lebih ergonomik)
*ergonomik sistem yang optimal agar sesuai dengan
kebutuhan, kelemahan, dan keterampilan manusia
¢ 3. Keyboard KLOKENBERG
Keyboard
ini dibuat memisahkan kedua bagian keyboard (bagian kiri dan kanan) dan dibuat
miring ke bawah, untuk menyempurnakan jenis keyboard yang ada
Bagian Luar Keyboard
Ø Tombol
Ketik (Typing Key)
Tombol ketik ini terdiri dari tombol (0-9), (A-Z),
simbol ( `,./;’[]\--= ) dan ada beberapa tombol khusus
seperti tab, caps lock, shift, ctrl, windows, alt,space, menu, enter,
backspace, esc
Ø Tombol
Fungsi (Function Key)
Tombol ini dapat dipergunakan sebagai perintah khusus
yang disertakan pada sistem operasi maupun aplikasi. Terdiri dari tombol F1-F12
Ø Tombol
Kursor (Cursor movement)
Untuk menggerakan tampilan sesuai dengan perintah yang
dipilih bergambarkan arah panah, page up, page down, home, end
Ø Tombol
Numpad (Numeric Keypad)
Tombol numpad merupakan kombinasi tombol yang memudahkan
kita untuk mengetikkan angka (0-9), (. / * - + enter Numlock)
Komponen Keyboard
Ø Processor
Keyboard
Processor keyboard adalah unit yang mengontrol semua
kegiatan yang terjadi di dalam keyboard, dan mengirimkan sinyal ke central
processing unit komputer (CPU).
Ø Plastic
Sheet
Merupakan lembar plastik yang terdapat sensor yang akan
melacak tombol apa yang ditekan dan mengirimnya ke processor keyboard
Ø Rubber
Karet yang berfungsi untuk menekan bagian sensor pada Plastic sheets
Ø Key
Cap
Sebuah tombol yang terdapat pada frame keyboard yang
dipasangkan diatas rubber yang berfungsi untuk menekan rubber, terbuat dari
pelastik dan diberi cat sesuai huruf, angka, dan simbol yang berbeda
Ø Frame
Bingkai luar keyboard yang terbuat dari plastik, berfungsi sebagai tempat
memasang key cap
Cara
Kerja Pada Keyboard
1. Ketika tombol ditekan, tombol tersebut akan menekan
sebuah karet yang ada dibawah tombol
tersebut.
2. Karet tersebut akan menyentuh bagian sensor pada
Plastic sheet.
3. Plastic sheet akan mengirimkan sinyal ke processor
keyboard berupa binear
4. Processor keyboard menerima sinyal dan mengirimkannya
ke processor pada komputer
5. Processor komputer menerima sinyal dan
menterjemahkannya lalu menempilkan ke monitor
MOUSE
Pengertian Mouse
Mouse merupakan
alat input yang berfungsi untuk memasukan perintah dan menggerakan kursor pada
monitor
Sejarah Mouse
Mouse pertama
kali dibuat pada tahun 1963
oleh Douglas Engelbart
Terbuat dari
kayu, memiliki satu tombol kecil di sebelah kiri atasnya, kemudian memiliki dua
roda besi kecil di dalamnya. Karena memiliki kabel yang panjang dan bentuk yang
kecil alat ini diberi nama “mouse”
Jenis Jenis Mouse
Ø 1.
Mouse Optic
Mouse yang
menggunakan sensor cahaya serta lampu LED merah di bawahnya sebagai
pencahayaan, sensor cahaya yang ada pada bagian bawah mouse akan menangkap
pergeseran yang terjadi pada cahaya tersebut
Jenis Jenis Mouse
Ø 2.
Mouse Mekanik (mouse bola)
Mouse yang
menggunakan bola yang dapat berputar kesegala arah, kemudian putaran bola
tersebut dideteksi oleh roda-roda sensor didalam mouse tersebut
Bagian Dalam Mouse
Tampak atas
Tampak bawah
Bagian Dalam Mouse
Penutup
plastik transparan digunakan
untuk merefleksikan dan memusatkan sinar yang dipancarkan di bawah kamera.
Lensa yang berbentuk khusus ini dirancang untuk
memantulkan cahaya LED ke permukaan.
Lampu LED berguna untuk menerangi bagian permukaan
yang akan memantul kembali ke kamera ketika ingin mendapatkan gambar yang jelas
dari permukaan bawah mouse.
Terminal IC
sensor optik ini Gunanya
untuk mengukur perubahan posisi berdasarkan perolehan gambar permukaan yang
akan menentukan arah dan jarak gerakan
Terdapat IC
lainnya (A2611D) yang
berfungsi untuk menerima input dari Sensor Optical untuk dikirimkan ke PC,
Tombol merah
adalah tombol klik dari mouse.
Scroll, Ketika kita memutar roda mouse,
potensiometer yang terpasang pada roda seperti gambar di atas juga berputar,
sehingga menghasilkan tegangan output yang berbeda. Potensiometer bekerja
sebagai sensor dan sinyal output di mana variabel tegangan setelah pengolahan
akan diberikan ke PC.
Inilah bagian
dalam komponen bertombol merah tadi. Ketika tombol di klik, dibawahnya terdapat
plat logam fleksibel yang akan mendeteksi klik dari mouse.
Cara Kerja Mouse
LED menyinari
permukaan bawah mouse, Lensa plastik mengumpulkan cahaya yang dipantulkan dan
membentuk gambar pada sensor optical . Sensor mengambil gambar dengan kecepatan
cukup cepat, 1500 gambar per detik. Gambar (binary / hitam-putih) dikirim ke
DSP (digital signal processor) hasil koordinatnya dikirim ke IC A2611D ,
kemudian IC A2611D mengirim data ke PC dan dan driver menerima kordinatnya dan
menghasilkan gerakan kursor yang sesuai.
https://vanzilz18.wordpress.com/2011/03/08/komponen-komponen-pc-beserta-fungsi-dan-cara-kerjanya/
Posting Komentar